Catatan Akhir Kuliah

Mystery Of The Nile

Tentang KMKM

Logo KMKM

SEJARAH SINGKAT KELUARGA MAHASISWA KALIMANTAN MESIR (KMKM)

Kenyataan seperti ini mengilhami putra/i Kalimantan pendahulu kita, untuk bergandeng tangan, mengiramakan langkah demi cita-cita bersama. Rasa senasib di negeri orang, ditambah dengan pepatah orang-orang tua terdahulu “Bapapadahan, Bararakatan, wan Batutulungan di Banua Urang” yang artinya “saling menasehati, menjalin kebersamaan dan tolong menolong di negeri orang”, maka terbentuklah sebuah wadah yang diberi nama Keluarga Mahasiswa Kalimantan Mesir (KMKM).

LATAR BELAKANG MAHASISWA KALIMANTAN MESIR.

Pada pra berdirinya KMKM, orang Kalimantan sudah ada dilembah Nil ini. Jauh sebelum proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, tercatat seorang mahasiswa al-Azhar asal Kalimantan bernama Abdul Rasyid. Setelah sekian tahun menimba ilmu di al-Azhar, tepatnya sejak pertama kali beliau menginjakkan kaki di Mesir pada tahun 1908 sampai tahun 1919, beliau pulang ke tanah air, guna mengabdikan ilmu yang beliau dapat di Mesir. Pada tahun 1922, beliau mendirikan perguruan Islam dengan sistem salaf (klasik) di Amuntai, Kalimantan Selatan, yang diberi nama Arabic School. Kemudian berubah namanya menjadi perguruan Normal Islam Rasyidiyah Khalidiyah.

Selain K.H. Abdul Rasyid, tercatat pula seorang tokoh yang bernama K. H. M Basyuni Imran. Setelah menyelesaikan belajar di Mesir dan Makkah, beliau mendirikan Perguruan Islam as Sulthaniyah di Sambas, Kalimantan Barat. Setelah dua ulama di atas, berdatanganlah putra-putri Kalimantan ke bumi Anbiya ini, diantaranya: Bapak H. Abdullah Bukhari, H. Abdurrahman Ismail, H. Mastur Jahri, H. M. As’ad, H. Abdullah Ali, H. Abdul Murad dan lain-lain. Mereka semua menjadi ulama dan memegang peranan penting selama berada di Indonesia.

SEJARAH SINGKAT KMKM.

Dalam sejarah KMKM disebutkan, antara tahun 1955-1958, jumlah pelajar Kalimantan yang berada di Kairo hanya 16 orang. Diantaranya: H. Hanafiah Kurdi, Lc., Drs. Aswadi Syukur, Lc., H. Mukeri Gawith, MA., K.H. Hamdan Khalid, Lc., H. Thalib Saman dan lain-lain. Berbagai kesulitan yang dihadapi di negeri asing yang jauh dari sanak keluarga, telah menggugah mereka untuk bersama-sama menanggulangi dan mengatasi permasalahan secara kolektif. Didorong oleh rasa tanggung jawab terhadap msyarakat, maka mereka merasa perlu membentuk wadah untuk berkumpul. Tepat pada tanggal 14 Februari 1958, atas anjuran dari Bapak H. Abdullah Bukhari (pejabat KBRI waktu itu), maka berdirilah sebuah perkumpulan yang mereka beri nama “Keluarga Mahasiswa Kalimantan Mesir (KMKM)”.

Sebagaimana lazimnya sebuah organisasi, agar bisa berjalan dan terealisir dengan baik, sesuai dengan tujuan semula didirikannya, maka dirumuskan rancangan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) KMKM oleh satu tim khusus. Kemudian disahkan pada rapat anggota tanggal 10 Pebruari 1959. Selama 45 tahun,sejak lahir sampai sekarang, AD/ART KMKM sudah lima kali mengalami peninjauan dan penyempurnaan. Pertama, pada Rapat Anggota 3 April 1975, kedua, pada Rapat Anggota tanggal 22 Januari 1994, ketiga pada Rapat Anggota tanggal 22 April 2000, keempat pada Rapat Anggota tanggal 26 Juli 2004 dan yang terakhir pada Sidang Permusyawaratan Anggota pada 23 Juli 2005.

KMKM adalah wadah warga Kalimantan (Selatan, Timur, Barat dan Tengah) yang menuntut ilmu di negeri Seribu Menara ini. Dan merupakan organisasi kekeluargaan pertama dan tertua masyarakat Indonesia di Kairo. Untuk pertama kali, KMKM diketuai oleh H. Hanafiah Kurdi, kemudian di gantikan oleh H. Abdul Mannan A. Bukhari. Periode demi periode terus berjalan membuntuti perjalanan sang waktu. Bahtera KMKM terus berlayar mengantar pelita-pelita dambaan masyarakat ke pulau tujuan. Ia melaju tenang, seakan laut nyaris tak ada riak, sampai dengan sekarang.

TUJUAN DIDIRIKAN KMKM.

Sejak dibentuknya, KMKM mengangkat dan menerapkan Papadah Urang bahari sebagai mottonya, yaitu: Barakatan, Batutulungan, bapapadahan di Banua Urang. Motto ini di jabarkan dalam AD KMKM Bab II pasal 6, bahwa di bentuknya KMKM bertujuan:

1. Terjalinnya Ukhuwah Islamiyah dan rasa kekeluargaan di antara anggotanya.

2. Terbinanya saling bantu-membantu dalam segala hal.

3. Terbinanya insan akademis yang berguna bagi agama, masyarakat, bangsa dan negara.

4. Terciptanya kesejahteraan bagi setiap anggota

Kita adalah mahasiswa Kalimantan yang sangat beruntung. Karena, dari sekian banyak pemuda/i Kalimantan, sekarang hanya sekitar 170 orang yang masih bisa mengecap bangku perguruan tinggi Universitas Islam tertua di dunia ini. Karena itu, wajar sekali jika kita pulang nanti dituntut oleh masyarakat untuk menjadi orang serba bisa (dalam masalah keagamaan khususnya). Masyarakat tidak mau tahu, bagaimana kita belajar, jurusan apa, selesai atau tidak, yang mereka ketahui, bahwa kita datang dari Kairo dan menuntut ilmu di al-Azhar yang telah banyak melahirkan ulama-ulama di dunia.

Tanggung jawab dan beban moral yang religius ini, tentu tidak bisa diantisipasi hanya lewat bangku kuliah saja. Namun kita di tuntut berbuat lebih banyak justru di luar lingkungan kampus. KMKM adalah salah satu sarana ke arah itu. Di wadah ini kita saling mengisi, berlatih bersama, bertukar pengalaman dan pengetahuan dalam spesialisasi masing-masing. Di sini pula kita dilatih bagaimana kita memimpin masyarakat, mengarahkan sebuah perkumpulan, mengkondisikan diri dan ide-ide kita dalam bahasa masyarakat.

Bagi kawan mahasiswa/i dalam negeri, wadah seperti KMKM mungkin tidak begitu fungsional. Namun bagi kita, mahasiswa/i luar negri, KMKM adalah kebutuhan sangat penting. Percayalah, bagaimanapun corak dan peran Anda nanti di masyarakat, sedikit banyak bisa terlihat dari peran-aktif saudara/i dalam kegiatan KMKM ini, baik itu kegiatan ilmiah, ritual maupun sosial lainnya, yang pada dasarnya berorientasi ke arah peningkatan prestasi ilmiah dan skil bagi setiap anggota. Sehingga nantinya tercipta manusia yang ber-IMTAK dan Ber-IPTEK tinggi-meminjam istilah B.J. Habibi, sebagai implementasi ilmu yang telah didapat. Untuk selanjutnya, diharapkan semua itu bermanfaat bagi agama, masyarakat, bangsa dan Negara.

ANGGOTA KMKM.

Sebagai sebuah organisasi, KMKM tentu mempunyai kriteria tersendiri tentang ke anggotaannya. Ada tiga jenis keanggotaan dalam tubuh KMKM:

1. Biasa : Mahasiswa, pelajar, warga yang berasal dari Kalimantan.

2. Luar biasa : Warga yang mengikuti suami/istri yang berasal dari Kalimantan.

3. Kehormatan : Orang yang berjasa atau simpatisan KMKM dan disetujui oleh Dewan Pengurus.

Anggota biasa berhak menyatakan pikiran, pendapat, memilih dan dipilih. Sedang anggota luar biasa dan kehormatan, tidak berhak dipilih dan memilih, namun memberikan pandangan dan saran.

APARAT KMKM.

Aparat KMKM terdiri dari:

1. Dewan Penasehat.

2. Dewan Pengurus (DP). Terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris I, sekretaris II, bendahara I dan bendahara II serta dilengkapi dengan departemen-departemen yang disusun menurut keperluan.

3. Badan Otonom (BO). KMKM mempunyai dua Badan Otonom yang merupakan badan khusus yang sifat dan statusnya membantu DP, dengan masa jabatan yang tidak terikat dengan masa jabatan DP. BO dibentuk dan dibubarkan dengan Rapat Anggota dengan persetujuan DP, jumlah BO tergantung keperluan. Sampai saat ini, KMKM hanya mempunyai dua BO, yaitu: Badan Pengawas dan Pengurus Wisma Kalimantan dan Panitia Persiapan Rumah Daerah (PPRD).

Para Ketua KMKM

01 H. Hanafiah Kurdi 1958-1961

02 H. Abdul Mannan Abdullah 1961-1963

03 H. M. Rusydi Taufiq 1963-1966

04 H. Muhammad Husni Thamrin 1967-1968

05 H. Amberani Hamidy 1975-1976

06 H. Drs. H. Artani Hasbi 1977-1978

07 H. Abdurrahim Yasin 1978-1980

08 H. Jailani Abin 1980-1981

09 H. Malik Baderun 1981-1982

10 H. Fadhli 1982-1983

11 H. Muslihuddin Abdul Rasyid 1983-1987

12 H. Muhammad Badaruddin 1987-1988

*. H. Fakhruddin Adnani 1988-1989
*. H. Abdul Kadir 1989-1990

13 H. Saifullah Abd. Shamad 1990-1991

14 H. M. Mabrur 1991-1992

15 H. M. Ghazali Mukeri 1992-1993

16 H. Mukhlis Kasyful Anwar 1993-1994

17 H. A. Dasuqi Murhan 1994-1995

18 H. Aspani Kasyful Anwar 1995-1996

19 H. Sarmadi Mawardi 1996-1997‏

20 H. Khairi Abusyairi 1997-1999

21 H. M. Hasbi Ridhani 1999-2000

22 H. M. Khairuddin Abdurrahman 2000-2001

23 H. M. Hatta Jauhar 2001-2002

24 H. M. Nasruddin Atha 2002-2003

25 H. M. Sibawaihi Sutera Ali 2003-2004

26. H. M. Hikam 2004-2005

27. H. Syarif Amir Mahmud 2005-2006

28. H. Rifqi Junaidi 2006-2007

29. H. Nuril Khasyiin 2007-2008

30. H. Anwar Hafidzi 2008-2009 (sekarang)

Semoga kebersamaan, saling menasehari, dan kerukunan warga tetap harmonis.

Dikutip dari file sejarah KMKM

Salam bagi teman-teman yang pernah mengenal KMKM

30 Tanggapan to “Tentang KMKM”

  1. fatriridho said

    assalamualikum,
    salam ukhwah,website nya bagus , dikembangkan lagi yach…..
    oh iya kalau ada waktu kunjungi kita juga yach di hadramaut, yaman
    wassalam

  2. assalammualaikum wr.wb. salam kenal, saya dosen perguruan tinggi di Jakarta, saya sangat ragu terhadap ketentuan hari2 besar islam di Indonesia, sekarang saya coba berkiblat ke mekah, melalui forum yang baru saya kenal ini, mohon kiranya saya mendapatkan informasi yang benar kapan hari besar islam di mekah di tahun2 mendatang, agar akurat saya mohon dapat di imail ke ariowitjakso@yahoo.com (seperti idul fitri, idul adha dll). terimakasih dan saya berharap dapat melanjutkan kerjasama dalam mengembangkan iman &islam di Indonesia melewati ilmu pengetahuan alam.

  3. asid kalua said

    ass.
    salam kedamaian gasan buhan pian2 di sana.moga sihat haja awak.ulun handak batakun bubuhan pesantren al-falah di sana.kayapa hbar buhannya.amun ada nang tahu email atawa tlp buhan nya padahi ulun lah

  4. muhibbanka said

    assalamualaikum.situsnya bagus,harapan saya terhadap kmkm,jangan terlalu cuek,jangan temakan merk,tapi sekarang kmkm dah aman dan tenang,karena orang yang mo menghancurkan dah pada pulang

  5. azharku said

    Terimakasih atas kunjungannya ke blog saya, dan terima kasih juga atas masukannya, tapi saya ingin bertanya kepada anda, “yang ingin menghancurkan KMKM dah pulang”,maksudnya apa? bisa dijelaskan, toh persatuan dan kesatuan kita tetap sama, Satu Keluarga, dan saling tolong menolong dinegeri orang. saya rasa bukan cuek, tapi, masing-masing orang punya kesibukan yang berbeda, belum lagi dengan study yang berat dari kuliah, dan tantangan ketika pulang nanti, tapi kalau saya perhatikan, anggota KMKM sekarang makin akrab.
    salam.

  6. boysandi said

    tolong beritahu saya prosedur pendaftaran di alazhar tahun 2008 ini,saya butuh banget.saya tinggal di nunukan,kalimantan timur.

  7. hafidzi said

    2008 ini ya? hmm saya coba lah nantinya. tapi sy g bisa bantu anda kesini nya, cari aja info di PONPES ALFALAH BANJARBARU KAL SEL gimana berangkat kesininya.
    sy mungkin bisa bantu mengenai infonya aja yaaa….
    tanya aja, insya Allah langsung sy balas, mo ke sini atau via Mail ahafidzi@gmail.com
    thanks…and semoga anda salah satu calon mahasiswa yang beruntung bisa kesini….

  8. boysandi said

    ass, mashafidzi saya mau nanya, klo ijazah sma bs ga ya daftar di al azhar?kan ada persamaan ijazah nya tu.terus klo misalnya g bs,apakah saya harus masuk mahad al azhar dahulu sblm msk univ nya?mhn pnjlsn yang sedetail-dedetail nya ttg dua pertanyaan tsb………..Boysandi,nunukan,kaltim.

  9. hafidzi said

    Boleh,
    Ijazah SMA ya? kayaknya sulit tuh mas, kecuali Aliyah. Hmm saya ada ada dua Opsi, sekarang mas lagi SMU ato dah selesai? kalo dah selesai dan dah kuliah di Kaltim, mending selesaikan aja dulu S1, naah baru S2 nya disini. Insya Allah Bisa.
    opsi kedua, Klo mas masih di SMU, dan ada rencana ke Mesir, mungkin ijazah anda tidak bisa di terjemahkan kedalam bahasa arab, sebab kurikulum disini beda dengan SMU, kecuali ALIYAH (MA), baru langsung tancap gas ke Kul AL Azhar.
    Nah klo pun anda pengen juga, anda harus masuk Ma’had Al Azhar (penjajakan sebelum kekuliah) selama 1-2 tahun, tergantung tes anda. klo anda berhasil dalam bahasa arab terus hapalan Alquran (1 dan 2) mungkin di ma’had cuma 1 tahun. dan langsung ke Kuliah al Azhar.
    klo anda bener2 berminat, saya ada punya teman di IAIN Samarinda, cari aja yang lulusan Mesir. dia insya Allah bisa bantu.

  10. boysandi said

    ass, mas hafidzi saya boysandi yg kmaren nanya prosedur bljr di mesir.stlh saya konsultasikan dgn orang tua saya, mereka setuju klo saya ke mahad alazhar dulu.nah gimana tuh proses untuk masuk mahad nya,mulai dari sistem penyetaraan ijazah dan segalanyalah mas,saya tunggu keridhaan mas untuk memberikan keteranagn.oh ya, klo boleh tau teman mas yg di IAIN Samarinda itu namanya sapa?

  11. subhan said

    Assalamualaikum..

    alahmdulillah ada jua blog anak banua yang maulah KMKM bagus, terus dijaga dan ditingkatkan,
    selamt berjuang dinegeri seribu menara.
    subhan msbn78@gmail.com
    kalo ada waktu kirim emaillah

  12. ma'mun said

    kapan kmkm ngadain rihlah lagi?:D

  13. hafidzi said

    insya Allah dalam waktu dekat lagi, katanya mo tours ke HURGHADA….

  14. KHAIRY ABUSYAIRI said

    selamat ya KMKM berulang tahun lagi. kaya apa habar kakawanan di kmkm wayah ini

  15. hafidzi said

    alhamdulillah sekarang dah yang 50,udah setengah abad KMKM tetap exist di Mesir…

    alhamdulillah kakawanan baik an aja. alhamdulillah jua dah ada jua yang lulus s2 dan s3. mungkin bakal balik secepatnya….

    salam jua dari urang KMKM,

  16. KHAIRY ABUSYAIRI said

    mabruk.berapa anggota KMKM WAYAH ini. ana minta bantuan pang, ngapa ngaran program terjemah bahasa arab nang bisa diambil dari internet.
    salam berat gasan om mukhlis, om saiful dan kakawalan lainnya jua


    Sama2….kalo wahini dah sampai 250 an, klo ngaran program terjemah dari bahasa arab uln msih bingung, terjemah langsung ato hanya kamus?

  17. ismi haya said

    pernah baca di b post tentang KMKM…
    semoga semuanya sukses…
    oya mau nanya… pernah dengar katanya kalau musim haji para mhsw si masir juga ke tanah suci untuk jadi bagian dari petugas haji.. betul kah??


    “alhamdulillah …B post masih perhatian dengan anak benua yang jauh dari kampung.
    amiiin…smoga anda juga selalu sukses…
    iya, klo musim haji mhsw di mesir ikut tenaga musiman, tp tdk semuanya…hanya bagi mereka yang sudah lulus di Univ. Al Azhar …baru bisa ikutan
    tapi klo mo haji tiap taun…silahkan….diizinkan dan di bolehkan …..:D
    trimakasih ats kunjungannya “

  18. Nice blog…
    Anyway… are you care for exchange link blogroll??
    Just add me & leave a message on my post if you interested…

    Have a great day! ^_^

  19. aboy said

    salam………….
    n juga buat teman-teman di negeri seribu menara……

  20. It's Me said

    Ass.Wr.Wb.
    Hafidzi.. (Mr.Crocodile..hehe.. Remember me???)
    By the way, anyway, busway, bagus ih blognya…. ^_^
    Keep blooming like flowers, keep shining like the sun Mr.Croc… ^_^
    Good Luck dech..!!!
    Salam buat seluruh penghuni wisma KMKM ya… ^_^
    Wassalam..

  21. Rafii Baderi said

    terima kasih atas informasinya tentang KMKM, terus lakukan komonikasi tentang perkembangan KMKM dengan situasi tanah air saat ini agar bisa menyiapkan dan menyesuaikan diri setelah pulang ke tanah air.

  22. evanail said

    Salam. senangnya membaca kabar tentang KMKM. Sudah 17 thn semenjak pulang. KMKM mempunyai arti sangat bersejarah bagi diriku. Sekedar info Ketua Ke2 yakni H. Abdul Mannan telah meninggal dunia tanggal 4 Juni 2009. Mohon doanya untuk beliau

  23. Boysandi said

    Boysandi
    Isi Pesan Saya lulusan SMA Negeri tahun 2005,berminat melanjutkan pendidikan di Al Azhar.
    setelah mencari informasi,pendidikan saya tidak memenuhi syarat untuk melanjutkan ke Al Azhar.beberapa teman dan kenalan menyarankan untuk masuk mahad Al Azhar dulu,setelah itu baru melanjutkan pendidikan tinggi di universitas Al Azhar.
    Oleh karena itu,saya mengirim email ini agar kiranya dapat diberikan saran,karena anda anda terjun langsung dalam pendidikan yang saya maksud.Jika seandainya saya bisa masuk mahad,berkas – berkas apa saja yang harus saya siapkan,kepada siapa berkas-berkas tersebut saya kirimkan,dan apa saja yang harus saya persiapkan sebelum berangkat.
    Mohon penjelasan sejelas-jelasnya mengenai hal ini,sebelum nya saya mohon maaf karena merepotkan.
    Wassalam.

  24. muhammad bin husni said

    ulun urang banjar hanyar kelas 3 sma,kl ulun mau kuliah di mesir ulun harus tanya ke siapa ? kl beasiswa gmna ? kl ongkos sendri gmna ? mkasih🙂

    • hafidzi said

      salam.

      klo ingin kesana, silahkan hubungi ato tanya2 ke IAIN Banjarmasin..

      beasiswa n non beasiswa ada infonya disana..
      biasanya skrang dah siap2 dibuka….hbis UAN sebulan dah buka pendaftarannya. selamat bergabung dngan komunitas KMKM

  25. Syukurlah KMKM sdh menjadi lbh bgs lg klau kmi lihat dr bnyk sisi, trmksh utk para pendiri-2 trdhulu & penerus slnjutny, salam dr kami, jg utk p H Muhlis Kaspul Anwar, Mshkah d KBRI? (From SOPIANI MUKERI, RAMLAN MUTUH)

  26. hafidzi said

    geh, masih klo pa Muhlis tu…klo di banjar kan ada forsilam…..

  27. Ma,af,utk kwn-2 yg dr Al-falah, mnt tlg update info Ust Syeh Adil di Mahallah, trim,s

  28. ahmed nabawie said

    maaf ustadz2…
    apa ada yg tahu no tlp/ hp bg syarif amir mahmud???

  29. muhammad isa anshary said

    m. isa anshary
    Alumni Al-Azhar tahun 1981, bersama senior h. barkati umar, h. thbrani ali, h.a. manan. a. buchari, h. ambrani hamidi menyewa apartemen di madinat nasr, imarahnya berrhadapan dengan pusara anwar sadat dan kami melihat langsung ditembaknya pada saat peringatan perang 6 oktober 1973. Dahulu kami menerbitkan “majalah stensedlan PAPADAAN”, apa masih ada atau tidak dilanjutkan lagi, mahasiswi kalimantan saat itu hanya 2 (dua) orang yaitu Almh. Siti Ramlah dan dr.hj. na’ilah madyan.
    Kemaren tanggal 14 s.d. 19 maret 2016 kami dan keluarga berkunjung ke Cairo dan alexandria (sebagai nostalgia) lebih kurang 30 tahun lalu, pada waktu kami di cairo, kami tinggal di madinatul bu’ust al-isalimyah imarah 18/b-1, ad-diraasah.
    Sepulangnya dari mesir kami mengabdi di MUI Pusat, Jl. proklamasi no.51, menteng, jakarta pusat 10320, kh.husin naparin, lc., ma. terpilih sebagai ketua umum mui kalimantan selatan hasil musda ix 15-17 april 2016 di hotel q-mall banjarbaru. muslihuddin abd. rasyid sebagai anggota dpd-ri, di jakarta kami telah lama membentuk bersama quraish shihab, alwi shihab, gus dur, middle east alumni association (جمعية خريجيي والخريجات الشرق الاوساط ) .
    Waktu di Cairo lalu kami tinggal di hayyul ‘asyir dan berkesempatan mengunjungi kami 4 orang masiswi asal peontren rakha amuntai.
    Salam kami buat dangsanak sabarataan di Cairo, dan selamat belajar mudah sukses,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: