Catatan Akhir Kuliah

Mystery Of The Nile

Archive for the ‘Islami’ Category

Semua yang berkenaan dengan keislaman mungkin akan mencoba disini

GERAKAN ISLAM LIBERAL DI INDONESIA

Posted by hafidzi pada 27 Mei 2011

A. PENDAHULUAN

Istilah Islam liberal tadinya tidak terlalu dikenal dan diperhatikan orang di Indonesia. Apalagi jumlah pendukungnya hanya minoritas yang amat kecil. Istilah itu justru menjadi amat populer setelah dikeluarkannya fatwa MUI pada tahun 2005 yang menyatakan bahwa faham liberalisme adalah sesat dan menganut faham itu adalah haram hukumnya. Jadi, terlepas dari perdebatan tentang keabsahan fatwa itu, istilah Islam liberal di Indonesia justru dipopulerkan oleh pihak penentangnya. Memang terkadang suara merekapun nyaring bunyinya.

Arti kata Islam liberal tidak selamanya jelas. Leonard Binder, seorang guru besar UCLA, ketika menulis buku berjudul Islamic Liberalism (University of Chicago Press, 1988) memberinya arti “Islamic political liberalism” dengan penerapannya pada negara-negara Muslim di Timur Tengah. Mungkin di luar dugaan sebagian orang, buku itu selain menyajikan pendapat Ali Abd Raziq (Mesir) yang memang liberal karena tidak melihat adanya konsep atau anjuran negara Islam, tetapi juga membahas pikiran Maududi (Pakistan) yang tentu saja lebih tepat disebut sebagai tokoh fundamentalis atau revivalis.

Sebaliknya bagi Greg Barton, dalam bukunya berjudul Gagasan Islam Liberal Baca entri selengkapnya »

Iklan

Posted in Education, Islami | 1 Comment »

The Secret Of God Seekers

Posted by hafidzi pada 13 Oktober 2009

Sufi

Sufi

Sufism in their view is the soul exercises and efforts to prevent mold from morality to bring humiliation to the morals and good fellow to bring praise and reward the world Here and after. Like be patient, be afraid and hope to Allah, sincere, life as it is, and everything to do with morality and the sacred way to worship Allah, it’s the secret of god seekers One of them, I’ll bring today is the “Sincere”, taken from when I attended a study week with grand Syeikh Yusuf Al Hasani last week and also from the my great teacher. Rasulullah Saw Said in the hadith qudsi, “Ma Yazaalu Abdi Yataqarrabu ilayya min nawaafili hatta uhibbahu….” Anyone Baca entri selengkapnya »

Posted in Catatan Akhir Kuliah, Education, Islami, Oase | 6 Comments »

2 jam bersama Syeikh Muhammad Jibril Mesir

Posted by hafidzi pada 27 September 2008

Dear diary,
Sudah kebiasaan bagi orang orang Mesir kalau menjelang sepuluh akhir bulan Ramadhan pada berbondong-bondong menuju mesjid untuk melakukan i’tikaf, seperti yang Rasulullah Saw. lakukakan. Dimana saja, dari kota sampai kedesa mesjid rata-rata penuh dengan manusia untuk beribadah. Tak aneh kalau mereka yang datang itu satu keluarga, lengkap dengan peralatan perangnya, yang saya maksud itu tas makanan, yang mencukupi untuk sahur dan berbuka satu kali, jangan heran kalau cara sahur dan berbuka mereka tergolong aneh. Dari beberapa kepala keluarga kadang-kadang menjadi satu dalam satu jamuan makan, baik itu ketika berbuka atau sahur. Lima ekor ayam panggang, bebek bakar dan kadang ada juga paha kambing guling, padahal yang saya lihat cuma ada 10-15 orang saja, akan tetapi jamuan nya, “yaa Allaaah banyak sekali” Pertama sih kita pasti bingung, tak disangka ketika berbuka mereka malah memanggil orang-orang disekitar untuk makan bersama-sama mereka dalam satu wadah, persis sepert

Amr Bin Ash

Amr Bin Ash

i maidaturrahman (rumah makan gratis untuk berbuka) yang ada dipinggir-pinggir jalan raya, toko, atau didepan apartemen. Itulah kenapa, Bulan Ramadhan bulan yang penuh berkah, hampir semua masyarakat Mesir tidak ada yang kelaparan ketika berbuka atau sahur. Menunya pun mewah, yaa tidak kalah lah dengan orang-orang kaya. “Ramadhan dah syahruna…..minal masakin au agniya, musy muhim min huw” begitulah kalimat yang bisa dirasakan orang Mesir. Menurut saya bukan hanya makanan, uang yang didapat selama bulan ramadhan juga banyak, yaa cukuplah untuk kehidupan dua bulan. Kembali ke bagian i’tikaf, di Mesir ada satu buah mesjid yang dibangun pada jaman Khalifah Amr ibn ‘Ash, mesjid yang tergolong paling besar diseluruh negeri kinanah ini, bahkan mengalahkan lebarnya tiga pyramid. Disinilah tempat orang-orang Mesir kebanyakannya menghabiskan sepuluh akhir bulan puasa dengan beri’tikaf dan lain nya.
Dari sini kita akan mengenal dengan syaikh Muhammad Jibril, seorang imam mesjid yang sangat terkenal seantero Mesir, suaranya yang sangat merdu dan fasih ketika melantunkan al Qur’an membuat jama’ah terkagum bahkan tidak ayal ada yang samapi meneteskan airmata ketika beliau Melantunkan Ayat Magfirah atau azab dari Allah Swt.
Beliau juga terkenal sebagai guru Qori Negeri Gurun yang jam terbang beliau sudah mencapai seluruh jazirah arab bahkan eropa.
untuk Mesir kedatangan beliau biasanya setiap tanggal yang ganjil untuk menjadi imam di Mesjid ini.
Kulihat jam sudah menunjukkan pukul 8 malam, memang perjalananan yang sangat jauh, kurang lebih 40 menit dari rumahku menuju mesjid ini dengan bis umum, baru menginjakkan kaki di depan pemberhentian bis, orang-orang sudah memenuhi seluruh jalan menuju mesjid, yang kulihat kurang lebih 4000-5000 orang sudah meletakkan sajadahnya, duduk dengan khusu’. Bagi mereka yang datang terlambat sudah pasti akan berada di luar mesjid.
“Istauuu…..rapatkan saf, bagi yang mempunyai Handphone mohon di Silent ato dimatikan” kata beliau sebelum memulai takbir shalat tarawih
“bagi yang tidak mematikan hp nya, maka hp nya bakal dirusak orang disebelah” canda beliau kepada jamaah sebelum takbir.
Dari awal sampai akhir tarawih ayat yang beliau lantunkan selalu berhubungan dengan ayat-ayat penyembuh. yang kemungkinan besar ada sebagian kaum muslimin yang lagi sakit untuk tidak pasrah dengan penyakitnya, al Qur’an menganjurkan untuk terus berusaha untuk mengobati, jangan dibiarkan saja pasrah kepada Allah terus.
Tak terasa dah satu jam kita tarawih bersama, perkiraan ku mungkin 5 menit lagi selesai witirnya, tapi tak disangka ternyata beliau selain suara yang merdu, beliau juga terkenal dengan doa yang bisa menghancurkan hati dan luluran air mata jamaah, doa yang beliau bacakan membuat jamaah histeris menangis, dengan cahaya yang redup di sekeliling mesjid dan jalan, suara sepi menyelimuti para jamaah yang hadir, sesekali syeikh Jibril membaca doa pengampunan kepada Allah yang membuat tambah sedih suasana….
bisa dibayangkan g kalau doa yang beliau lantunkan itu satu jam, ketika qunut, tapi lelah dan cape itu semuanya hilang seketika dengan doa dan harapan yang beliau bacakan.
semoga di bulan suci ini kita mendapatkan ridha dan magfirah dari Allah Swt.

selanjutnya akan menceritakan bagaiamana perasaan kita di undang Duta Besar Republik Indonesia cabang Mesir di rumah beliau untuk buka bersama khusus orang kalimantan  😀

Posted in Dear Diary, Islami | 8 Comments »

Harga Satu Detik

Posted by hafidzi pada 1 September 2008

Imam Hasan Al Bashri berkata: “Sesungguhnya Allah SWT menjadikan Ramadhan sebagai arena pertandingan bagi hamba-Nya. Di sana mereka berlomba-lomba dalam taat kepada-Nya, dan dalam mencari keridhaan dari pada-Nya. Sebagian ada yang maju dan memenangkan perlombaan. Sebagian ada yang mundur dan kalah dalam pertandingan. Sangat aneh dilihat ada orang yang lalai dan bermain sementara orang lain giat berlomba untuk memenangkan petandingan”

Indahnya

Indahnya

Pertanyaannya sekarang, perlombaan apa aja dibulan Ramadhan ini ya? yang paling berat itu ternyata menahan rasa marah dan menghindari pandangan ke hal2 yang membuat pahala puasa kita jadi berkurang sedikit demi sedikit.

Memang kalau hanya sekedar menahan haus dan lapar, para pengemis juga bisa, tapi kenapa  semua kalangan juga diwajibkan tuk berpuasa? apakah hanya sekedar tidak makan, atau ada hal yang lain yang bernilai berlipat ganda? jawabannya bisa anda rasakan sendiri dari detik demi detik betapa berharganya waktu di bulan Ramadhan.

Siapa yang mengatakan setiap pagi “la ilaha illallah wahdahu la syarika lah lahul mulku walahulhamdu yuhyi wayumit wahua ‘ala kulli syaiin qadir” sepuluh kali maka Allah akan tuliskan baginya setiap satu kali ucapan sepuluh kebaikan, dan dihapus darinya sepuluh keburukan, dan Allah mengangkatnya dengan itu sepuluh derajat. Dan sepuluh kali ucapan itu baginya sumpama sepuluh budak. Dan itu menjadi senjata baginya sepanjang hari…dan siapa yang mengatakannya di waktu sore seumpama itu”. H. R. Ahmad dari Abu Ayyub Al anshari

Bayangkan…..hanya membaca kalimat itu, Allah sudah memberikan $10000 pada kita, jika mengikuti hitungan memerdekakan Budak. Ternyata Allah juga memberikan perhatiannya kepada kita, walaupun kita nya ada yang masih tidak taat kepada Allah. Ah….betapa manisnya Bulan Suci Ramadhan ini.

“Semoga Kita tetap bisa menghargai waktu…………”

Posted in Fikrah, Islami | 8 Comments »

Adakah bagiku taubat?

Posted by hafidzi pada 13 Mei 2008

Tuesday, May 13, 2008

Dear blog,

Dari kemarin bingung mo nge posting apa. Sempet bete jg si, dimasa mo ujian, jadi pengen nulis:D.

Hari ini, pas lagi buka and baca baca buku, sy ketemu satu hadits yang sangat baik untuk di renungi, karena kita seorang manusia; seorang yang mudah melakukan kesalahan dan kelupaan.

Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Said al Khudri (Saad ibn Malik), bahwa Nabi Saw. Bersabda (atau dalam maknanya) “Dahulu ada seorang laki-laki, dia telah membunuh manusia sebanyak 99 orang.

Suatu saat dia bertanya kepada seorang Rahib (pendeta dari Ahli Kitab), “Wahai pendeta, aku telah membunuh 99 orang, apakah ada taubat bagi ku? Baca entri selengkapnya »

Posted in Dear Diary, Islami | 85 Comments »

Bid’ah Vs Bid’ah

Posted by hafidzi pada 13 Februari 2008

Bid’ah Versus Bid’ah

Sebelum masuk kepermasalahan, sebenarnya saya akan membuat sebuah prolog dan cerita pendek, ketika saya hadir disebuah halqah ilmu. Dengan seorang guru yang ahli dalam ilmu Fiqh dari Al Azhar University. Sifat tawadu’nya lah yang membuat beliau tetap mengajar di mesjid Azhar, walaupun pada hakikatnya, beliau seorang pejabat yang mulia di negeri Nabi Yusuf As. Ini. Suatu ketika beliau bercerita tentang seseorang yang selalu jika didalam pengajian atau khutbahnya menyebut-nyebut kata “Bid’ah” ini lah, itulah, semua yang tidak pernah dikerjakan Rasulullah adalah bid’ah. Ini adalah sebuah contoh ulama yang tidak mengerti dengan benar akan arti bid’ah itu dengan sebenarnya. Sambil tersenyum beliau mengatakan “apakah semua itu bid’ah?, Baca entri selengkapnya »

Posted in Education, Islami | 9 Comments »

Apakah Benar Jesus itu Tuhan?

Posted by hafidzi pada 29 Januari 2008

Saya hanya mencoba menelusuri kebenaran tentang Jesus atau Yesus ini. Karena banyak sekali perbedaan antara yang saya ketahui ketika di Indonesia dan sekarang yang ada di Mesir, atau biasa disebut dengan Kristen KOPTIK.
Sebagian penganut agama Yesus mengklaim kalau Isa.AS adalah Tuhan, karena salah satu dari “HOLY TRINITY”. Sedangkan disini Isa tetap dianggap sebagai Manusia biasa yang dipilih Tuhan tuk menyebarkan ajaran Kitab Injil, yaa walaupun sudah terjadi perubahan isinya, karena salah satu tujuan dakwah Isa.As adalah menyembah Allah Swt, Tuhan semesta alam, tidak dilahirkan dan tidak pula melahirkan.
However, the very Bible which is used as a basis for knowledge about Jesus and as the basis for doctrine within Christianity clearly belies this claim.

Sebenarnya ga mo bikin ribut, cuma pengen tau aja.bagi diri sendiri. Dan setelah lama diteliti ternyata banyak sekali perbedaan antara seorang Tuhan dan Hamba, yaa hanya sedikit bermodalkan kitab Injil sekarang.

1. God Is All Knowing…..But Jesus Was Not
Apakah ini benar? Ketika berbica tentang the Day of Judgement, Jesus clearly gave evidence of a limitation on his knowledge when he said, “But of that day and hour knoweth no man, no, not the angels which are in Heaven, neither the son, but the Father.” (Mark 13:32 and Matt. 24:36) But God knows all. Baca entri selengkapnya »

Posted in Education, Islami, Opini | 70 Comments »

أدب المسـتفتي

Posted by hafidzi pada 29 Januari 2008

أدب المسـتفتيالحمد لله وحده والصلاة والسلام على من لا نبي بعده سيدنا محمد رسول الله وعلى آله وصحبه ومن تبعه بإحسان إلى يوم الدينالإفتاء منصب شريف ومقام عالٍ ؛ فإن المفتي قائم في الأمة مقام النبي صلى الله عليه وآله وسلم ونائب عنه في تبليغ الأحكام .
يقول الإمام النووي رحمه الله تعالى : ” اعلم أن الإفتاء عظيم الخطر ، كبير الموقع ، كثير الفضل ؛ لأن المفتي وارث الأنبياء صلوات الله وسلامه عليهم ، وقائم بفرض الكفاية ، ولكنه معرَّض للخطأ ؛ ولهذا قالوا : المفتي مُوَقِّع عن الله تعالى ” . ا هـ .
Baca entri selengkapnya »

Posted in Islami | 1 Comment »

Nikah lewat Chatting? Boleh ngga ya???

Posted by hafidzi pada 22 September 2007

          Kenapa bisa masalah nikah ya? yang nulis aja belum….hehhehe  😀 Anyway, karena ini adalah sebuah hukum islam yang perlu bagi kita untuk mengatahuinya, maka wajiblah bagi kita mempelajarinya. Berikut intisari dari tanya jawab salah seorang syaikh Al Azhar ketika membahas permasalahan Fiqh Kontenporer di mesjid Al Azhar Cairo, akad nikah melalui chatting YM (yahoo messenger).

         Nikah lewat dunia maya memang permasalahan yang baru dan kontenporer, memang di zaman Rasulullah tidak pernah terjadi, jangankan internet, telepon seluler aja belum ada. 😀
Nah, gimana kalo ada yang pengen menikah tapi hanya bisa dilakukan melalui media internet? Baca entri selengkapnya »

Posted in Education, Islami | 16 Comments »

Bisnis Multi Level Marketing

Posted by hafidzi pada 2 September 2007

Beberapa hari ini, aku mulai disibukkan dengan Bisnis Multi Level Marketing, walaupun tidak ada di buku2 turast tapi ilmu fiqih itu kan tetap sesuai dengan masa dan waktu, hehehe kita masih punya ushul fiqh yang mungkin bisa memasak hukum itu.
Dimasa sekarang, ekonomi negara kita mulai terpuruk tak disangka datanglah sebuah sistem bisnis yang banyak menjanjikan dan keberhasilan serta menawarkan kekayaan dalam waktu singkat. bahkan janji ini diberikan gambaran yang mungkin kita akan terpikat dengan cepat.
Sistem ini mungkin sudah dikenal dengan istilah Multi Level Marketing (MLM) atau Networking Marketing. Banyak orang yang bergabung kedalamnya, baik dari kalangan orang-orang biasa ataupun dari kalangan penuntut ilmu, yang tertarik hanya karena kemudahan mencapai kekayaan dengan waktu singkat. Baca entri selengkapnya »

Posted in Education, Islami | 8 Comments »