Catatan Akhir Kuliah

Mystery Of The Nile

Archive for April, 2008

Ketika Cinta Bertasbih (di filemkan)

Posted by hafidzi pada 18 April 2008

Akhirnya….

Kairo, 16 April 2008

Kaget juga si pertamanya, ngga nyangka kalo kang Abik atau Habiburrahman el Shairazy bakal datang lagi ke Mesir ini.

” Zi cepetan dah hampir jam 7 nih, kamu ngga mau kan telat” Tanya temanku

“Sebenarnya dari tadi tu aku lagi nyiapin seperangkat alat perang tuk acara itu” jawabku tenang.

Setelah teman2ku yang lain pada datang, kami pun bersiap siap berangkat ke PPMI (Persatuan Pelajar Mesir Indonesia) di daerah Rab’ah el Adawiyah.

Kalau dijadwal si acara “Sarasehan bersama Kru KETIKA CINTA BERTASBIH” Baca entri selengkapnya »

Iklan

Posted in Catatan Akhir Kuliah, Dear Diary | 115 Comments »

Aku dan Syaitan Ikhris

Posted by hafidzi pada 10 April 2008

Thursday, April 10, 2008

Dear diary

 

Di ruang Kuliah

Alhamdulillah jam sembilan tepat aku dah nyampe dipintu gerbang Univ. Al Azhar,“ semoga ngga telat” pikirku

Setelah masuk ruang kelas, terlihat teman-teman Mesirku dah pada penuh, begitu juga yang dari Rusia, Britania, Kazakstan, India, Afrika dan Asia tentunya. Kulihat ada seseorang yang memanggil namaku ditengah ruangan kelas.

“Ya Habibi, ta’aal ma’ayya”

Serentak mataku tertuju kepada seorang dari bangsa Arab dengan penampilan mirip orang Eropa, rambut berwarna pirang, mata berwarna biru, berperawakan tinggi, (kupikir masih sama tingginya dengan aku) sudah berdiri ditengah sambil menunjukkan tempat yang kosong siap tuk diduduki.

“Izzayyak ya Syaikh? Ammil iih? (apa kabar?)

Biasa, mujamalah (sosialisasi) orang Arab seperti itu. Tidak beberapa lama aku duduk, Doktor (klo ditempat kta dosen) sudah datang. Seorang yang dikenal dengan kejeniusannya dalam ilmu Ushul Fiqh, nama beliau adalah Syaikh DR. Shalah Zaidan. Walaupun sudah tua, mungkin berumur 60 tahun an, tapi ilmu beliau patut diacungi jempol, bukan hanya menurut ku, tapi kebanyakan teman2 dsini sangat suka dengan cara mengajar beliau.

Disini saya Cuma pengen ngambil hikmah dari sebuah kejadian hari ini. Ketika Dosen sedang menerangkan pelajaran, tiba2 ada yang mengetuk pintu dari luar

“Iftahil bab ya walady” (buka pintu wahai anakku) dengan nada lembut beliau menyuruh seseorang yang berasal dari Indonesia, yang duduk di depan.

Ketika pintu sudah terbuka, Baca entri selengkapnya »

Posted in Dear Diary | 51 Comments »

Dunia Tanpa Koma (Training+materi Jurnalistik)

Posted by hafidzi pada 4 April 2008

Dear Blog…Pengen tau gimana training Jurnalistik? ato materinya?

Pagi Selasa, 1 April 2008

“aduuh telat nih”

“mo kemana to zi, pagi2 gini dah rapi”

Memang yang punya kepentingan tu seperti itu, kadang ditanya orang dengan pertanyaan yang mungkin tidak perlu dijawab.

“Oh ya, Siang ini ak ada acara di KMKM; pelatihan Jurnalistik. Kalo ngga salah jam 11 siang ini” teriakku sambil membersihkan tata ruang kamar tidur yang berserakan.

“Yunk, nanti klo ada yang nyari aku, bilangin ya kalo aku ke KMKM, dan mungkin akan nginep disana”

Sambil membalik-balikkan mushaf alqur’an. Dia hanya menoleh kearah ku,

“Yee maneketehe, mudil sibuk banar tuh nah. Yu ja kalo kena ada yang mancarii kupadahi ai, tp mun nya babinian kupadahakan kada tahu lah”

“Yup…eiit jangan separo2 dong, klo ada yang nyari, bilang aja yang sebenarnya. Jangan ngarang lo ya”

Kulihat jam ditangan dah menunjukkan pukul 8 pagi. Waktu yang kurasa sudah cukup tepat tuk berangkat sebagai pembuka kegiatan ku di awal bulan April ini.

Sebelum keluar syaqqah, aku kembali mencoba meyakinkan kalo hari ini benar2 hari selasa tanggal 1 April 2008, takutnya malah salah. Baca entri selengkapnya »

Posted in Catatan Akhir Kuliah, Dear Diary, Education, JURNALISME | 17 Comments »

Sulit Menulis?

Posted by hafidzi pada 2 April 2008

Sulit Menulis? Pengen Cepat Selesai?

Dapatkan solusinya disini

Memang hal yang paling sering dialami bagi seorang pemula, adalah sulitnya memulai tulisan. Apakah dari huruf A atau B atau C? semua hanyalah khayalan, disini saya mencoba menulis beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita bingung mau menulis dari mana dan apa?

Berdasarkan dari hasil eksperimen saya terhadap diri sendiri, oleh karenanya lah saya mencoba untuk berbagi bagi yang memerlukan.

Sebelum masuk kedalam kertas kerja dan keybord, alangkah baiknya kita -menentukan tema yang bakal kita tulis

-Membuat kerangka karangan
-Hal yang bisa diambil si pembaca apa?
-Persoalan yang diangkat dalam tulisan
-Solusi dan harapan si penulis atau langsung ke kesimpulan

Pernyataan di atas hanyalah merupakan sebagian dari penilaian bobot tulisan yang baik, ada lagi yang bisa membuat keren tulisan bahkan bisa menarik perhatian si pembaca antara lain:

1. Tulisan kita bermisi
2. Menyuarakan tentang sesuatu (kebenaran) yang sedang terjadi3. Bisa menyihir sebagai pemberi semangat
4. Mampu untuk mengajak pembaca berpikir dan bertindak
5. Mengkomunikasikan pesan yang jelas
Baca entri selengkapnya »

Posted in Education, Opini | 8 Comments »