Catatan Akhir Kuliah

Mystery Of The Nile

Tips Sukses Membaca

Posted by hafidzi pada 15 Juni 2008

“Gaya Membaca Mu menunjukkan pribadi Mu”

Setelah Ujian, kayaknya ada beberapa hal penting dalam hal membaca dan belajar. Yaa setelah melakukan riset tersembunyi melalui teman-teman ku satu flat.
Ada beberapa Gaya untuk mendapatkan Kepandaian yang Lebih Cepat, tapi jangan kasih tau ya kalo rahasia ini saya dapatkan dari kejadian yang menimpa kami ketika sibuk dengan ketebalan diktat mata kuliah. Bayangkan saja buku setebal 300 an halaman, harus dilahap dalam waktu tiga hari, berbahasa Arab lagi. Tapi bagi yang sudah membacanya awal bulan, bakal nyantai aja.

Jadi wajar ada beberapa cara yang mereka lakukan untuk mendapat kan hasil dari yang mereka baca, karena tidak mungkin kan dihapal semua, soalnya kalo dihapal, paling cuma bertahan satu hari, setelahnya bakal hilang. Parahnya lagi, Kita tidak bisa mengulang apa yang telah kita baca, rugi kan ?😀

Karena saya sangat yakin, kalau kepandaian itu bisa dididik dan dapat dikembangkan, bukan karena keturunan atau tingkat kemampuan otak kita. Melainkan bagaimana cara kita menyirami pikiran ini biar terus bersemai.
Jadi jangan takut, apalagi sampai putus asa, kalo kita itu BODOH, hanya dengan alasan
“Orang tua gw aja petani, ngapain gw tinggi tinggi sekolah, toh akhirnya jg bakal jadi petani” Ngga….ngga sama sekali, itu pernyataan yang sangat salah.
Bagaimanapun juga, sifat ini sangat mendasar, jadi sangat mudah bagi siapa saja tuk meningkatkan kemampuan belajarnya…

Setelah memperhatikan kelakuan buku yang kita baca dan orang nya, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan :
1. Mungkin lihatlah dulu sub judul semua bahan yang bakal kita baca, mengenai apa, kegiatannya apa aja. Terus bisa tidak kita merumuskan nya nanti. itu peta pertama. Biar memudahkan kita mengetahui apa yang akan terjadi nanti. Jadi tidak berterbangan hasil bacanya.

2. Perlambatlah gaya baca anda, karena ada yang baca teruuus tanpa tahu apa yang sedang dibacanya. Kan banyak ruginya?
“Yaa yang penting kita selesai baca buku ini, paling tidak nanti pas ujian bisa membantu” itu salah satu tipe orang yang hanya mengandalkan bacaan tuk ujian tanpa ada keinginan menguasai selamanya.
Memang sedikit banyaknya ada pengaruhnya, tapi disaat ada masalah yang perlu detail, kita tidak bisa menerapkan hal itu. Ujung-ujungnya dia bakal berkata ” ya lahwii…dih sa’bah awi, (duuh, ko sulit sekali nih masalah), saya yakin kalau masalah ini pernah saya baca”. Tidak mau kan bakal begini nantinya?

3. Ada lagi yang perlu mengeraskan suaranya agar didengar telinganya, dengan harapan bacaan yang di paham dapat dimengerti oleh telinga dan hati. Mencoba melambatkan bacaannya dan memikirkan apa yang sedang dia baca. Tapi ingat, jangan sampai mengganggu orang dengan suara kita, biasa nya orang merasa bete. Bahkan, bahan bacaan nya juga semaraut oleh suara kita, liat Si Kon ya😀

4. Jika ingin yang terbaik, pahami bacaan yang kita baca, dan jangan meneruskan sebelum kita paham dengan maksud teks itu, sangat tidak baik bagi mereka yang hanya mengandalkan bacaan tanpa peduli apa yang sedang dia baca. Paling tidak, kita merasa tertantang dengan apa yang sedang dibaca, kalau bisa mengembangkan kembali dengan bahasa dia yang sesuai dengan konteks bacaannya. Tips ini sangat bermanfaat bagi kita yang sedang membaca bukan dalam bahasa indonesia, bahasa Arab atau Inggris misalnya.

5. Berlatih mengingat tulisan dan huruf letak paragrafnya, ini sangat membantu ketika kita mulai membaca, jangan sampai pikiran kita kosong, apalagi sampai menghkayal yang lain, bakal BLANK tuh otak walaupun dah selesai membaca 10 lembar dalam 1 menit.
Paling tidak coba lah mengolah rumus yang mudah kita paham, walaupun tidak sesuai dengan teks buku, akan tetapi kita bisa merumuskannya kembali, itu lebih baik dari pada membaca tanpa ada sesuatu yang bisa diingat. rugi kan?
“Ingatan yang baik adalah kunci sebuah proses PENGENALAN”, dan jangan lupa, otak kita seperti otot, bagi yang suka fitnes, pasti terus melatih ototnya, begitu juga otak, semakin diasah semakin tajam pikirannya. Coba deh?

6. Konsen ya, pusatkan perhatian anda dalam masalah yang sedang anda baca, jangan melaluinya dengan alasan, nanti bisa dibaca lagi. Kalo pun begitu, coba dulu pendahuluannya, kalo pun masih sulit bisa di baca nanti dengan catatan harus dikasih tanda, biar tidak lupa kalau masalah itu belum selesai kita kuasai.

7. Pernah kita mencoba belajar di bawah pohon? bagaimana bedanya dengan keseharian kita belajar di meja belajar kamar kita yang setiap hari kita lihat? Ternyata suasana juga mendukung bagaimana dengan mudah nya kita menyerap bahan bacaan kita.

8. Sampai dimana bacaan kita? kalau BISA menjawab pertanyaan ini, berarti kita sudah berhasil mempetakan apa yang telah kita baca. Apakah saya sudah mencapai tujuan dari bacaan ini atau tidak? kalau jawabannya Iya, teruslah membaca. Kalau jawabannya Tidak, berhenti sejenak, berpikir kembali, bagian mana yang belum anda paham. Bagaiamana berani mencoba? sudah sampai mana nih hasil bacaan kita? dari tulisan diatas ada berpa kata yang sudah masuk? kalau belum sepenuhnya, teruskan tips no 9 ini.😛

9. Ketika sudah bener2 Blank, beristirahatlah, jangan diporsir seratus persen, mesin kendaraan aja perlu pendingin, bisa dikasih air minum, atau refreshing dengan berbagai hal. Intinya istirahat yang teratur bisa membantu proses belajar kita.

Setelah anda membaca ini, apa yang bisa anda dapatkan? kalo mencapai 80% berarti kemampuan membaca anda sangat tinggi, bisa dikatakan jenius. tapi kalo hanya 30%, sebaiknya asah kembali otak anda.
Terakhir, kalo dalam tiga hari kita bisa menguasai buku setebal 300 halaman, walaupun hanya 71%, saya yakin anda bisa menguasai dunia ini. Bukan dengan harta tapi dengan kepintaran anda.
Walaupun tidak berada di jenjang pendidikan yang tinggi, membaca lebih baik dan sangat baik dari pada hadir kuliah dengan tujuan mencari ijazah nya saja, parahnya lagi rela mengeluarkan uang tuk membeli ijazah dengan kemampuan apa adanya, jadi jangan heran mereka yang sudah s2 atau s3 tidak bisa apa apa ketika dihadapan publik. Rugi kan? tanya aja siapa yang BODOH?
“So jangan putus asa ya….terus berusaha, karena kepandaian itu bukan dari keturunan atau bakat, tapi dari usaha dan terus menerus dilatih.”
Bagaiamana dengan anda? Bagaimana cara belajar dan membaca yang baik menurut kalian? …..:D

56 Tanggapan to “Tips Sukses Membaca”

  1. suhadinet said

    Ujiannya sukses donk ya. Soale kamu sampai bisa merefleksi kembali cara belajarmu dan kawan-kawan.

  2. rhainy said

    wah….bener kata suhadinet…insyaAllah sukses ya ujiannya…
    ngomong2…aku tanya dikit boleh ya… selama ini aku tau arti ‘dien’ dari terjemahan Alquran (di bhs indo dialihbahasakan jadi agama, kata agama sendiri berasal dr bhs sansekerta, bener ya? aku juga baru dikasih tau nih…)…nah berhubung dirimu ada di tempat yang memang orang2nya berbahasa Arab (hehehe….), boleh tau gak…sebenernya kalo diurai dalam bhs indo…dien itu terjemahan yang paling pas apa? makasih banget ya…(trs gak pa pa kan…kalo besok2 banyak yg ditanyain? hehehe…)

  3. izzah said

    tul banget tuh………dgn banyak membaca kemampuan otak kita makin terasah….daya kritis kita juga makin mningkat…
    n hal tersebut pasti sgt erat hubungannya dengan ayat alquran… yg awl ayatnya “iqra…………
    oke…….semakin banyak kita membaca,semakin banyak dapat ilmu….semakin merasa diri bodoh……

  4. realylife said

    berguna banget dan langsung dipraktekin

  5. natazya said

    membaca yang baik?

    ga tau

    saya sukanya membaca yang saya suka

    terlepas baik ngganya

    baik buat saya

    ga tentu baik buat orang

    *rasionalisasi ga mutu

    hauhauhuahuauha

  6. hafidzi said

    Hehehe…
    @izzah…yang penting tahu kalo kita itu perlu membaca…jangan sampai sok tau yaa…:D bahaya nantinya
    @Relly….siip moga berguna aj.
    @Natazya…jadi tertarik nih dengan rasional nya, gimana si:P

  7. nengthree said

    trimakasih tipsnya…
    saya sih baca ya baca aja.. sesuka hati hihi…
    yang penting nyaman..😆

  8. trijokobs said

    banyak baca banyak lupa…😀
    asli ini terjadi thd diriku.

  9. hafidzi said

    @Neng….iya si, yang penting nyaman…
    @Tri…kita coba lagi tuk terus melatih . Insya Allah ada pengaruhnya nanti.

  10. nenyok said

    Salam
    very nice tips🙂

  11. langitjiwa said

    tipsnya oke,kang.

  12. kadang membaca itu, membuat seseorg mnjadi luar biasa.. mksdnya dlm hal ni adlah, manusia merasa mendapatkan teman yg selama ini dicari .. yah buku itu sndiri..

  13. cookie said

    Tambahan : setelah membaca sebaiknya buat resume pendek, agar lebih meresap gituh…
    kata bang tantowi waktu dulu masih ada iklannya: “Dengan membaca menjauhkan kita dari kemiskinan”

    cheeerrssssss………..

  14. jadi ingat trik membaca pemahaman dan membaca cepat versi sudarso. menurutnya, ada beberapa kebiasaan yang bisa menjadi penghambat kecepatan membaca, seperti menunjuk kata2, menggerakkan bibir, menggerakkan bola mata, atau juga melafalkan kata2 dalam hati. tips mas hafidzi oke juga utk menambah pengetahuan bagaimana cara membaca dengan cara yang benar.

  15. hafidzi said

    @Fauzan…itu yang menjadi kebanggaan tersendiri, tul sekali Mas.
    @cookie…resume pendek jg sangat membantu, sy sangat setuju dengan pa yang dikatakan bang tantowi…
    cheeeers jg.
    @Sawali…nambah dikit jg nih,klo masalah bola mata itu belum pernah mencoba nih.

  16. yusdi said

    entah kenapa…saya koq ga pernah minat untuk membaca ya….terutama membaca dari buku/novel
    kecuali terpaksa.
    ada tips jitu untuk orang seperti saya?

  17. hafidzi said

    waduuh….cari aja yang membuat anda penasaran pada buku itu, keingintahuan, penasaran, itu kunci membaca.
    Kayak nonton film, film apa yang anda suka, liat bagian mana yang membuat anda penasara, psti berusaha utk menyelesaikannya, tul g>?

  18. ubadbmarko said

    Kalo saya liat dulu gambar-gambar nya, rame ga, he..he..

  19. carra said

    mmm… kalo pengalaman dulu pas masi berkutat dengan textbook gtu, secara memori aku termasuk tidak begitu canggih😀 jadi sambil membaca biasanya aku sambil corat coret… bikin catatan2… bikin tanda2 bagian mana yg penting ato harus dibaca lagi.. bahkan yg bisa disketsa ya aku sketsa😀 jadi kadang catatan2 ku malah penuh kayak buku komik😆

  20. hilda said

    klo gw cara belajar tergantung mood saat itu.
    kadang gw butuh ditemenin lagu rock yg berisik banget biar cepet ngerti.
    kadang juga gw pake lagu2 klasik biar gw bisa tetep melek (agak aneh sih.)..
    kadang juga sambil nulis bantu gw cepet ngerti..

  21. Yoyo said

    biasanya kalau di blog seleb, kasih komentar dulu, amankan posisi, barulah baca….🙂

  22. agoyyoga said

    Udah coba speed reading belom? 🙂

  23. Wah Tips nya keren niy…
    Thanks……

    Kebetulan saya jg Hobi membaca..
    —–
    Slaam kenal!!!

  24. temukul said

    ajib, satu permasalahan saya teratasi dengan tips ini. Sukron.

  25. chic said

    membaca di bawah pohon??
    I wish bisa melakukan ini di Jakarta.. huhuhuhu

  26. Jiban said

    lebih enak lagi kalo yang dibaca ada ctrl+f nya😀 jadi tinggal dicari sesuai kebutuhan…

    /* kebiasaan pemalas😀

  27. arda86 said

    “Orang tua gw aja petani, ngapain gw tinggi tinggi sekolah, toh akhirnya jg bakal jadi petani” Ngga….ngga sama sekali, itu pernyataan yang sangat salah.

    setuju setuju…..!!!

    kalo susah konsentrasi pas lagi baca gimana cara ngatasinnya ya ???
    saya sering banget kalo pas lagi baca pasti pikirannya ngambang.

  28. indo said

    Masih penasaran sama sambumgan postingan yang sebelumnya nih…he..he

  29. escoret said

    wah,aku kok ga se-ide dgn postingan ini….
    aku baca yg penting2 aja seh……
    jarang ampe baca sebegitunya…

    *maklum pemalas*

  30. Jane said

    membaca dibawah pohon? huehuehuehue… gak kebayang.. ada juga kalo kena angin sepoi2 gw malah tidur ntar😆

  31. saya banyak baca banyak lupa
    berarti saya pelupa🙂

  32. Rindu said

    Kalo baca buku saya mulai dari depan ke belakang … tapi kalo majalah saya mulai dari halaman belakang …

  33. nastanesha said

    Kalo mood baca saya untuk persiapan ujian hilang, biasanya saya baca komik ato novel2 yang ringan. Dan ini sangat efektif dan efesien banget buat saya karena ia akan memancing mood saya untuk melahap buku2 yang lain. Termasuk diantaranya diktat mata kuliah.

  34. mZ.anGgIe said

    kalo saya sih membaca sesuai dengan suasana hati…hehehe…

    tapi kalo udah menemukan sisi menarik dari sebuah buku pasti susah buat berhenti membacanya…
    so…pinter2 aja mencari sisi menarik dari sebuah buku itu…

  35. cikalie said

    Aku sih sependapat sm MZ.anGgle…
    semuanya tergantung sama seberapa menariknya tuh buku…& terlebih pada suasana hati..hehe:)

  36. Menik said

    tergantung baca apaan dulu:mrgreen:

    tapi bisa juga tuh dicoba tipsnya🙂

    mkasih bang🙂

  37. astrid said

    well..

    I do judge a book by its cover, hehe..

    good post, anyway!

  38. Bagus tips-nya. Hm, ada tips kalau jenuh membaca? Soalnya, terkadang mau membaca tatkala ujian tiba, tapi selebihnya jadi kurang semangatnya.

  39. http://captainaruto.blogspot.com

  40. taufik79 said

    salam kenal, syukran tips membacanya…

  41. Rita said

    kalo baca novel pasti paham, kalo perlu di ulang2😀
    Tipsnya oke, mengingatkan😀

  42. wah makasih atas infonya soalnya saya sekarang ini lagi baca buku2 yg tebelnya masyaAllah banyaknya, gak cuma 1 lagi n parahnya bahasa inggris semua.,,😦

  43. ma'mun said

    keren2 tulisannya mang ae…salut!

  44. terlepas berbicara mengenai tips cara membaca, menurutku setiap individu memiliki style yang berbeda untuk memahami apa yang di bacanya. Aku bisa mudah menyerap apa yang aku baca kalau sambil denger musik. yang terpenting kita terbiasa membaca dan jangan bosen dengan membaca, tapi yang lebih efektif buatku adalah lebih baik mendengar. Kita tidak perlu membuang energi dimana mata kita harus capek, tangan pegel megang buku, atau sesek napas karena kita membacanya sambil tengkurep. Dengan mendengar secara seksama, memori kita lebih bisa menyimpan dengan lama.
    wah kuliah di mesir tho si embaknya,temennya fahri ta?he……
    salam kenal ya.🙂

  45. waduh tips yang bener2 bergua bagi gw

  46. hafidzi said

    @zakiyah…alhamdulillah, memang tergantung orangnya dan kepribadiannya lo Mbak.
    klo teman si Fahri…mungkin ngga, cuma kebiasaannya aja sama and kurang lebih. tp g smpe dikagumi cew2 lo…:D

  47. realylife said

    o iya , postingan barunya mana ya ??? kangen nich , supaya tipsnya tambah berguna getu loh

  48. Rindu said

    Belum ada tulisan baru yah? *mampir aja…*

    “sekarang dah update ko, soalnya kemarin2 lagi jarang dirumah and males buka net….sibuk liburan musim panas nih:D “

  49. Hm…mungkin karena itu kita perlu mengenal diri kita, ya…
    Kita ini termasuk dalam tipe yang mana; audio-kah, visual-kah, ato kinetik-kah…Jika kita sudah mengenal tipe belajar yang cocok dengan diri kita, insyaallah kita akan lebih mudah belajar.

    Saya pribadi pernah menerapkan sistem “Mind Map” soalnya materi yang bakal diujiankan materinya berbahasa inggris…he…he…Hasilnya alhamdulillah ..dapet A😀

    btw..
    salam kenal buat yang punya blog..

  50. hafidzi said

    Hmm…boleh jg klo mind map, tp gimana ya cara penerapannya? klo boleh share dikit dunk…:D

    salam kenal jg…

  51. gii3 said

    WEW….
    Tipsnya keren juga toeh
    tapi paling enak baca di tempat tidur,langsung tidur abiez gitoe :s
    Wkokokokko…😀


    hahaha yang ada malah dapat mimpi tidur, bangunnya dah lupa lagi….:D…….he2

  52. Shei said

    Saia sukanya baca cepat…HEwhehe..
    jadi kadang melewatkan kesannya..
    Yang penting selesei..
    *ditimpuk guru SMA*


    boleh jg…..penting selesai….lumayan bagus, tp banyak an ruginya g ya? soalnya sy pernah coba😀

  53. Dy said

    wah..pas banget nih dengan kebutuhan..terlepas dari berbagai macam cara, yg paling penting menurutku fokus.nah, ini nih yang masih bermasalah di aku ^-^, moga bisa sedikit demi sedikit mempraktekkan yg teertulis di sini,🙂.
    thank`s udah mampir ya..salam kenal..

  54. Reth™ said

    Wadduhhh…mo baca buku aja kudu pake tata cara, ribet.
    Kalo mo baca…ya udah tinggal baca, selesai. Habis perkara😛

  55. Hm..Mind Map..pada dasarnya mirip dengan yang kamu terapkan (seperti yang tertulis dipostingan ini)..Buat dulu Judulnya ditengah-tengah..lalu buatlah ‘kaki-kaki’nya yang merupakan bagian-bagian dari judul tsb. Lalu tuliskan hal-hal penting tentang bagian-bagian tsb. Buat formatnya dalam bentuk yang menarik..

    Hm..lebih keren lagi kalo baca bukunya Pak Tony Buzan…beliau ini yang mengembangkan metoda Mind Map…

    Mudah2an membantu, ya..


    “oo gitu ya, sbnar nya mungkin pernah dicoba cuman ngga tau aja ternyata ada gaya ginian.
    setuju dengan membuat format sebaik2nya. biar menarik😀.
    klo buku pak tony buzan….belum pernah baca tuh😀.”
    thanks ya Mbak”

  56. nokiafandi said

    seperti strategi perang cina, tambahan otak manusia dewasa hanya mampu mengingat tulisan yang dibaca selama 20 menit

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: