Catatan Akhir Kuliah

Mystery Of The Nile

Tentang Mesir

Penduduk Mesir purba sendiri menjejak asal keturunan mereka kepada tanah yang mereka kenali sebaga punt atau “Ta Nteru” (”Tanah Dewa-dewa”). Suatu suatu masa dahulu, ia biasanya diagak sebagai terletak di apa yang sekarang ini dikenali sebagai persisiran Somalia, Punt sekarang ini dipercayai sebagai terletak samaada di selatan Sudan atau Eritrea. sejarah Mesir purba sebenar bermula dengan Mesir sebagai negara bersatu, yang berlaku pada satu ketika sekitar 3000 SM, walaupun bukti arkaeologi menunjukkan bahawa masyarakat Mesir maju mungkin telah wujud untuk tempoh yang lebih lama.

Sepanjang sungai Nil, pada milenium ke-10 SM, kebudayaan mengisar bijirin yang menggunakan jenis mata sabit terawal telah digantikan dengan kebudayaan penduduk pemburu, pengail, dan pengumpul-pemburu yang menggunakan peralatan batu. Bukti turut menunjukkan kehadiran manusia di barat daya Mesir, berhampiran sempadan Sudan, sebelum 8000 S.M. Pertukaran cuaca dan/atau terlebih ragut sekitar 8000 S.M. mula mengeringkan padang ragut di Mesir, yang akhirnya mendorong kepada pembentukan Sahara (2500 S.M.), dan puak-puak awal dengan sendirinya terdorong untuk berpindah ke sungai Nil di mana mereka memajukan ekonomi pertanian setempat dan masyarakat yang lebih berpusat (lihat Sejarah: Nil). Terdapat bukti ternakan dan penanaman bijirin di Timur Sahara pada milenium ke-7 SM. Sehingga 6000 S.M. penduduk Mesir purba di sudut baratdaya Mesir telahpun mengembala lembu dan membina bangunan besar. Mortar dalam pembinaan bangunan telah digunakan menjelang 4000 S.M. Tempoh Pradinasti Mesir berterusan sepanjang tempoh masa ini, sebelumnya dipegang pelbagai oleh kebudayaan Naqada. Sesetengah pakar bagaimanapun memulakan Predinasti Mesir lebih awal, di Paleolithik Bawah (lihat Pradinasti Mesir).

Mesir bersatu sebagai satu negara sekitar 3000 S.M. Kronologi Mesir termasuk menetapkan permulaan dan pengakhiran sesuatu dinasti sekitar tempoh masa ini. Kronologi Mesir biasa adalah yang diterima pakai semasa abad ke 20, tetapi tidak termasuk cadangan rombakan besar yang turut diajukan ketika itu. Malah dalam hasil kerja yang sama, seringkali pakar kaji purba menawarkan beberapa tarikh yang mungkin atau beberapa khronologi lain sebagai mungkin. Disebabkan itu, kemungkinannya terdapat beberapa perbedaan antara tarikah ditunjukkan di sini dan dalam rencana pemerintah tertentu. Seringkali juga terdapat beberapa variasi ejaan nama.

Firaun merupakan pemerintah kedua kerajaan ini dan mengetuai struktur negara Mesir silam. Firaun bertindak sebagai raja, pemimpin kerohanian dan commander-in-chief bagi kedua-dia tentera dan tentera laut. Firaun dianggap dewa, hubungan antara manusia dan para dewata. Di bawahnya adalah kerajaan, adalah 2 wazir (satu bagi Mesir Atas dan satu lagi bagi Mesir Bawah) dan pelbagai pegawai. Di bawahnya di sebelah keugamaan adalah paderi besar dan pelbagai paderi lain. Secara umumnya, kedudukan ini diwarisi dari bapa kepada anak lelaki sulung. Kadang-kala aturan ini terbantut, dan kadang-kala wanita memegang kuasa.

Bahasa

Mesir silam bertutur bahasa Afro-Asiatik berkait dengan bahasa Chadic, Berber dan Semitik. Rekod bahasa Mesir silam telah ditarikh sekitar 3200 BC. Para sarjana meletakkan bahasa Mesir kepada enam pembahagian mengikut kronologi:

* Mesir Silam (Archaic Egyptian) (sebelum 2600 BC)
* Mesir Lama (Old Egyptian) (2600–2000 BC)
* Mesir Tengah (Middle Egyptian) (2000–1300 BC)
* Mesir Akhir (Late Egyptian) (1300–700 BC)
* Mesir Demotik (Demotic Egyptian) (abad ke 7 BC–abad ke 4 AD)
* Bahasa Coptik (Coptic language) (abad ke 3–abad ke 12 AD)

Penulisan

Pengkaji Mesir Purba (Egyptologists) merujuk kepada tulisan Mesir sebagai hieroglif, bersama dengan skrip baji (cuneiform script) Mesopotamia ranking sebagai sistem penulisan tertua di dunia. Skrip hieroglif sebahagiannya syllabik, sebahagiannya ideografik. Hieratic adalah bentuk hieroglif Mesir bersambung (cursive) yang pertama sekali digunakan semasa Dinasti Pertama (c. 2925 BC – c. 2775 BC). Istilah Demotik dari sudut Mesir, Ia itu, “asal – indigenous” dari sudut pandangan Hellenistik, berubah menjadi merujuk kepada kedua-dua skrip dan bahasa yang selepas tahap Mesir Silam Akhir (Late Ancient Egyptian) daripada Nubian dinasti ke 25 sehingga ia dipinggirkan oleh Greek Koine pada awal abad AD. Selepas penaklukan oleh Umar ibn al-Khattab, bahasa Coptic kekal sehingga Zaman Pertengahan sebagai bahasa keugamaan (liturgical) oleh minoriti Kristian.

Skrip hieroplyphik akhirnya tidak lagi digunakan sekitar abad ke 4, dan mulai dijumpai kembali semenjak abad ke 15 (lihat Hieroglyphica).

Alphabet (abjad) terawal juga dicipta di Mesir Purba, sebagai hasilan dari hieroplyphik sylabik (syllabic).

Macam-Macam tulisan Mesir kuno :

* c.1999 SM – Papyrus Westcar
* c.1800 SM Cerita Sinuhe
* c. 1800 SM – Papyrus Ipuwer
* c. 1800 SM – Papyrus Harris I
* c. 1000 SM Cerita Wenamun


Image Hosted by ImageShack.usImage Hosted by ImageShack.usImage Hosted by ImageShack.us

Mo lebih banyak fotonya, kunjungi aja

http://hafidzi.blogsome.com

http://hafidzy.multiply.com

44 Tanggapan to “Tentang Mesir”

  1. yusmiza said

    menyingkap sejarah islam and modernism in Egypt

  2. yusmiza said

    islam dan pemodenan di Egypt

  3. Ano said

    Yth Mr. Anwar

    Saya pak ano, guru fisika di SMA Labschool Jakarta
    pada tanggal 20-27 juli 2007 akan menghadri konferensi tahunan iEARN di Cairo bersama 20 siswa saya.
    Hotel yang disediakan adalah Mubarak City tapi rasanya penuh
    apakah kami bisa minta bantuan KBRI ya untuk fasilitas tersebut.
    mohon tanggapannya

    Ano

  4. preman said

    teruslah menulis, karena lewat tulisan, dunia akan tau apa yang sedang anda fikirkan..salam manis dari tunis

  5. dedi herdinana said

    kami mengharap kepada pemerintah mesir untuk membuka peluang study bagi pelajar indonesia dengan selebar-lebarnya.

  6. EniK said

    saYa sangAt suKa dgN foto2nya, bagus sekali!!

  7. milah said

    subhanallah waljamdulillah walailahailallah
    suatu gambaran yang sangat mengesankan !semoga Allah memberi ane umur panjang agar bisa melihat kota mesir dan menginjakan kaki kesana.amien ya Rabb

  8. novnit said

    Allah Maha Besar,
    keagungan Allah yang sungguh luar biasa karena menciptakan karya yang begitu indah
    Insya Allah saya bisa kesana.

    saya tertarik ma Mesir bizz nonton pilemnya Ayat-Ayat Cinta yang diangkat dari novelnya kang’Abik.

    pokoknya Mesir T.O.P B.G.T

  9. vera said

    aduh bagus sekali objek wisata Mesir…kami memang punya plan mau jalan ke Mesir nanti..makasih infonya….semoga plan next summer bisa kesampaian.

    oh ya thanks juga udh mampir

  10. hafidzi said

    silahkan bu….
    Mesir sangat……indaaaaah, setahu saya tour ke sini juga Murah…:))

  11. cho2 said

    ASS.. sangat mengagumkan kota mesir itu, saya harap abang bisa memberikan gambaran foto2 lebih detail mungkin referensi karena saya ingin mengkaji lebih dalam teNtang mesir untuk bahan bacaan saya. oh saya kuliah di jurusan arsitektur sehingga bangunan-bangunan ssangat memberikan inspirasi buat saya. terima kasih.semoga Abang dan keluarga diberikan kemudahan oleh Allah SWT. WS

  12. Sungguh fantastis tentunya, peradaban tua yang telah terkubur kini tersintgkap, yang menjadi pertanyaan adalah peradaban apakah yang lebih tua di bandingkan dengan EGYPT ? Babiloniakah ?

  13. hafidzi said

    @Cho2…Insya Allah nanti sy upload lagi….tunggu aja abis ujian semester ini, biidznillah….:D

    @Nasrulleharul…menurut sy belum ada yang mendahuluinya, soalnya peradaban manusia dimulai dari bangsa arab…
    jauuuuh sebelum kenal babilonia, kita dah ngenal Mesir…
    Di al Qur’an aja ada cerita tentang Mesir…:D

    slm jg.

  14. shaffiyah said

    subhanallah…

    moga bisa nyampe kesana :)
    amiin ya Rabb

  15. unga said

    mesir ya….

    “mo kesini jg? silahkan nanti tak bantu guide-nya :D”

  16. lely said

    blognya bagus….
    Kapan ya bisa main ke sana

  17. hafidzi said

    Semoga deh waktu liburan ini ada planing mo kesini…

  18. kemal aditya said

    allahu akbar ,gambarnya indah ,alhamdulillah dpt beasiswa ke mesir universitas al-azhar ,kairo ,mudah2an dpt mengunjungi tmpt2 bersjrh spt foto diatas.

  19. hafidzi said

    kamu jg dapat beasiswa ya?
    alhamdulillah lah, silahkan datang aja kemesir…:D

  20. hidayanti said

    aku pengen ke mesiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiir!!!!!

  21. Hmm… Pengin suatu saaat bisa ke Mesir,, tp kpn ya? :roll:

  22. Hmm… Pengin suatu saat bisa ke Mesir,, tp kpn ya? :roll:

  23. Lionny Aritula said

    Saya adlh salah seorang yg mgkn byk skali di dunia ini yg sgt kagum dg kebudayaan dan peradaban bangsa mesir yg tinggi di masa lampau. Mesir adlh salah satu bukti ttg keberadaan Allah SWT dan peninggalan sejarah yg luar biasa serta saksi ttg cerita di Al-Qur’an. Tiada kata lain ttg Mesir selain “Subhanallah”

  24. hafidzi said

    hmm…strawbery …datang aja g susah kan> ? yg sulit tu duit nya….

  25. nasaruddin hafidz said

    i will to go egygt if i have money

  26. SufiMuda said

    Saya pernah membaca bahwa dewa utama bangsa Mesir yang bernama OSIRIS sebenarnya adalah Nabi Idris. Nabi Idris juga sebagai pendiri mesir. APa benar ya?

  27. Ningsih said

    saya tertarik ingin pergi jln2 ke mesir, klo brankat dari qatar perlu visa g ya & bhs komunikasi disana bhs inggris bukan ? klo tdk berkeberatan bisa kasi info lg tempat wisata lain yg dpt dikunjungi slain yg diatas, sukron..

    • hafidzi said

      bahasa komunikasi secara umum bahasa arab mesir, inggris utk sebagiannya dan france jg.
      memang harus mendapatkan visa. bisa dari kedutaan mesir disana.
      banyak sekali tempat yang boleh dikunjungi di daerah kairo, alexandria, dahab, st. Chaterine, Sharmusyekh. de el el….masih banyaaaaaaaaaak lagi.

  28. legolas77 said

    di mesir tu adaai galapung kanji, tapi ngalih mancari

    alhamdulillah setiap kali handak maulah bakso ada ai tarus di market terdekat….kd ngalih lagi wahini….

    • siti hajar said

      wah..antum orang banjar ya..senengnya bs denger bahasa banjar..he..
      pengen bgt ke mesir..tp ga tw kpn bs kesana..ntar blh ya akh info ttg mesir nya..syukron..

      • DwiNidika said

        assalamu’alaikum . . .
        mbak.siti hajar . . .
        aku orang temanggung,, moga” mb. bisa kemesir ea . .
        doa i q juga ea . . .

  29. legolas77 said

    tempat wisata yang paling indah al-qanatir…. banyak syarmutah disana.


    wallahhu’alam, kita hanya menikmati pemandangan sungai dan bendungan Nil nya aja….klo yang lain kita belum tau….

  30. justin lim said

    saya akan mengunjungi Mesir…. menarik sekali ….

  31. DwiNidika said

    lihat_lihat dunia mesir, aku serasa ditarik untuk mengunjunginya dan melihat pesona mesir dari segala hal.

    i miss u mesir

  32. OetoeL.^_^ said

    subhanallah……….!!!!!!!!

  33. joe said

    awesome………..!!!!!

  34. alif abdiyyah said

    jadi pengen ke mesir ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: